Rabu, 28 Agustus 2013

Cari tau beda LipBalm , LipGloss, LipStick yuukk

Waktu puasa 2013 kemarin, bibir ku rasanya kering banget. Waktu buka mulut agak susah saking keringnya. Ada kulit putih2 nya di samping2 bibir.  Aku banyakin minum air pun tetap aja masih kering, mungkin karena puasa juga jadi kekurangan cairan tubuh sih. Tapi setelah puasa selesai bibir ku udah gak kering lagi ^^ 

Ah.. jadi kepingin beli lipgloss hahaha
Apalagi warna bibir yang keliatan kusam jadi pengen ada warnanya. Kepikiran deh warna pink rasanya lebih fresh gitu.
Nyoba nyari internet, tau deh ada juga yang namanya lipbalm. Terus bedanya apa  lipbalm, lipgloss, lipstik yah ??

1. Lip Balm 

       Fungsi utama lip balm emang untuk melapisi bibir, menjaga kelembapannya dan mencegah bibir kering. Makanya lip balm warnanya bening alias tidak berwarna. Tapi ada juga lipbalm yang ada warna dan aroma rasa. Meski berwarna tetapi warnanya soft.







       Sebaiknya pilih lip balm yang kadar kandungan pelembapnya tinggi, banyak mengandung emollient dan minyak alami. Biasanya lip balm dibuat dari bahan-bahan yang berbeda, diantaranya adalah minyak alami, vitamin, asam salisilat. Lebih baik pilih yang kandungan bahannya aman ya.
      Ada juga produk lip balm yang mengandung tabir surya untuk melindungi bibir dari sinar UV. Jenisnya tidak hanya dalam berupa stick, ada pula yang berbentuk cream dan cair.

2. Lip Gloss

      Kalo lip gloss fungsinya memberi efek glossy dan basah biar bibir lebih keliatan mengkilap. Lipgloss tidak memberikan perlindungan seampuh lip balm, jadi gunakan lip balm dulu sebelum memakai lip gloss ya.


 

 
       Lip gloss yang berbahan dasar air dan minyak bisa membantu menjaga kondisi bibir. Lip gloss yang berbahan dasar alkohol dapat membuat bibir jadi kering. Lip gloss dengan kandungan vitamin E dan aloe vera baik dan dapat memberi sensasi kesejukan pada bibir. 
Pilih lip gloss yang ada SPF nya karena lip gloss kabarnya sih bisa bikin bibir lebih kering.

Kulit bibir tak memiliki kelenjar sebum yang bisa memproduksi minyak alami sehingga lebih cepat kering. Karena tak ada perlindungan, kulit bibir rentan terhadap kerusakan yang diakibatkan oleh sinar matahari. Lama kelamaan terjadi degenerasi kolagen dan elastin, yang menyebabkan hilangnya elastisitas kulit bibir, mempertinggi jumlah guratan, serta meningkatkan risiko terkena kanker kulit.
Banyak wanita mengatasi kekeringan kulit bibir dengan memakai lip gloss, lip balm atau lipstik yang tidak mengandung SPF. Padahal, efek kilau yang dihasilkan alat kosmetik itu bisa mempertajam paparan sinar matahari. Alih-alih melindungi kulit, pemakaian lip gloss sembarangan malah menimbulkan penyakit baru.
Tuh kan efeknyajadi kayak gitu ?? -.-"




Lanjuutt!!
      Warna lip gloss pun juga lebih lembut en kalem dibanding lipstick. Kemasan lip gloss ada yang tube yang bisa tinggal oles langsung dari wadah maupun yang ada kuasnya agar tampak lebih rapi, masih ada lagi macam2 nya. Ada juga lipgloss yang ada aroma nya.


3. Lip Stick

       Lipstik fungsinya memberikan warna pada bibir. Biasanya dipake kalo pas acara pesta gitu. Kalo warnanya yang soft bisa juga dipake unutk acara tertentu. Ada yang bentuknya liquid, stick, atau cream. Gak seperti lip gloss, lipstik cenderung lebih pekat,  tidak transparan dan warna lebih kuat dan merata.









       Beberapa lipstik dapat pula berfungsi sebagai lip balm jika mengandung vitamin E atau suplemen lain untuk menjaga kelembapan bibir.
       Beli lipstick pun juga harus yang mengandung pelembab biar bibir rasanya gak kering. Risih kan kalo pake lipstick yang bikin bibir jadi kering. Olesi lip balm atau minyak zaitun buat melembabkan bibir.  Jangan beli lipstick yang mengandung alkohol ntar bikin bibir kering loh.



2 komentar:

  1. Hai min.. Buat threat yang membahas tentang jenis" lipbalm donk..
    bibir aku kring parah nih..lip balm yg aku pake sehari-hari itu mrek vasseline lip therapy yg gk bisa lepas dariku seharian..
    cuman sekarang sudha gk terlalu ngefek lagi..bingung mau diganting ma produk apa.. aku nya lagi nyari lipbalm yg engga memiliki efek glossy/mengkilap.. :(

    togel sgp

    BalasHapus

 

Pitalolipop ooo------- Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template